Sistem Pengambilan Keputusan

Seperti diketahui sebelumnya bahwa SIM tidak selalu menyediakan informasi sebagaimana yang dibutuhkan seorang manajer. Hal ini terjadi, karena SIM ditujukan kepada masalah yang dihadapi secara keseluruhan suatu organisasi, atau oleh suatu unit di dalam organisasi. SIM tidak dirancang menyediakan dukungan pada setiap manajer. Untuk mendukung kebutuhan setiap manajer inilah konsep DSS ini dikembangkan.

Kerangka Gorry dan Scott Morton
Asal mula dari konsep DSS ditulis oleh G. Anthony Gorry dan Michael S. Scott Morton dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dalam Jurnal Profesional tahun 1971. Di dalam artikel yang ditulis memuat grid yang menampilkan aplikasi komputer menurut derajat struktur dari masalah yang dipecahkan dan tingkatan manajemen yang didukung.

Sistem Pengambilan Keputusan
Decision Support Systems - Photo: istock
Kalau semua kandungan, atau variabel, yang melingkupi masalah diketahui, dan kalau dapat diukur secara kuantitatif, masalah tersebut disebut terstruktur (structured). Beberapa masalah bisnis betul-betul terstruktur dan beberapa lagi betul-betul tidak terstruktur. Sebagian besar diantaranya bersifat semi struktural, dimana beberapa variabel diketahui dan dapat dikuantifikasikan, dan sebagian lagi tidak.

Pada prinsipnya Gorry dan Scott Morton mencoba membedakan aplikasi komputer yang telah banyak berkembang danyang belum. Dari bagan di atas, setiap aplikasi di atas garis putus-putus sekarang dikembangkan di berbagai perusahaan disebut Structured Decision System = SDS. SDS ditujukan pada masalah-masalah yang lebih struktural yang dihadapi oleh seluruh level. Aplikasi di bawah garis putus-putus merupakan masalah yang kurang terstruktur, oleh karenanya sudah diimplementasikan. Pemecahan masalah semi struktural seperti ini yang disebut DSS. Jadi DSS merupakan sistem berbasis komputer yang digunakan oleh manajer tertentu atau sekelompok manajer dari suatu tingkatan organisasi dalam pembuatan keputusan dari masalah-masalah yang bersifat semi-struktural. DSS menghasilkan output yang bersifat periodik atau laporan khusus atau hasil dari simulasi matematika.

Pembahasan selengkapnya mengenai Sistem Pengambilan Keputusan, klik link di bawah ini: Download Bahan SIM 12

0 comments:

Post a Comment