Pengantar Sistem Informasi Berbasis Komputer

Informasi merupakan sumber daya yang sangat berharga bagi banyak perusahaan, khususnya perusahaan-perusahaan besar, seperti Samsung, Google, dan Amazon. Perusahaan tersebut mengadalkan informasi untuk melihat kondisi perusahaan, baik internal maupun eksternal. Melalui informasi para manajer dapat melihat kondisi internal perusahaan, seperti kondisi keuangan, penjualan, dan sumber daya perusahaan. Informasi juga memberikan gambaran kepada pihak manajemen mengenai kondisi eksternal perusahaan, seperti persaingan, pangsa pasar, kondisi perekonomian suatu negara.

Pengantar Sistem Informasi Berbasis Komputer
Introduction to Computer-Based Information Systems - Photo: istock
Informasi yang digunakan oleh para manajer berawal dari sekelompok data yang telah diolah menjadi sebuah informasi. Data yang diperoleh akan semakin kompleks ketika struktur perusahaan itu semakin kompleks. Di sinilah peran penting dari sebuah sistem informasi manajemen. Dengan adanya sistem informasi yang efektif dan efisien akan membantu para manajer dalam mengambil keputusan yang tepat, yang kemudian akan meningkatkan keunggulan bersaing bagi perusahaan.

Besarnya peran informasi dalam keberhasilan usaha, maka diperlukan suatu sistem untuk mempermudah akses terhadap informasi. Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem formal dan informal yang menyediakan informasi di masa lalu, sekarang, dan proyeksi masa depan, baik secara lisan maupun tulisan yang berhubungan dengan operasi perusahaan dan lingkungannya. Informasi ini penting bagi manajer dan karyawan dalam membantu pengambilan keputusan.

Pembahasan selengkapnya mengenai Pengantar Sistem Informasi Berbasis Komputer, klik link di bawah ini:
Download Bahan SIM 01

0 comments:

Post a Comment